Kisah Tokoh Masyarakat di Medan Ini Dijadikan Film Horor Komedi, Cicit Tjong A Fie Ngamuk Di Mesdos





Beberapa sutradara kerap kali mengklaim film yang ia buat berdasarkan kisah nyata. Hal itu biasanya diambil dari kisah nyata yang sudah ditulis dalam buku atau cerita yang melegenda.

Namun, sebuah film yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta baru-baru ini diprotes oleh netizen. Sebab, film itu menceritakan sebuah rumah yang dihuni oleh beberapa makhluk gaib yang kerap menggangu. Sang pembuat film juga mengklaim kalau film tersebut dibuat bersadarkan kisah nyata.

Parahnya lagi, film yang bergenre horor komedi ini mengangkat kisah nyata seorang tokoh masyarakat yang dihormati di Kota Medan. Film itu berjudul 'KISAH NYATA | MISTERI RUMAH TJONG A FIE'. Film tersebut baru saja diputar di Trans7 pada hari Senin (29/1/2018), dan sudah ada di kanal YouTube. Rupanya, menurut keturunan Tjong A Fie, pembuatan film tersebut tidak seizin pihak keluarga. Rumah yang digunakan pun bukan rumah yang sebenarnya, dan cerita yang dibuat sangat berbeda.

Dikutip dari Wikipedia, Tjong A Fie (Guangdong, 1860-Medan, 1921) adalah seorang pengusaha, bankir dan kapitan yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera, Indonesia.

Tjong A Fie membangun bisnis besar yang memiliki lebih dari 10.000 orang karyawan. Karena kesuksesannya tersebut, Tjong A Fie dekat dengan para kaum terpandang di Medan, di antaranya Sultan Deli, Ma'moen Al Rasyid serta pejabat-pejabat kolonial Belanda.

Pada tahun 1911, Tjong A Fie diangkat sebagai "Kapitan Tionghoa" (Majoor der Chineezen) untuk memimpin komunitas Tionghoa di Medan, menggantikan kakaknya, Tjong Yong Hian. Sebagai pemimpin masyarakat Tionghoa, Tjong A Fie sangat dihormati dan disegani, karena ia menguasai bidang ekonomi dan politik.

Kerajaan bisnisnya meliputi perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan perusahaan kereta api. Rupanya, seorang keluarga yang merupakan Cicit dari Tjong A Fie, Ricco Cheza merasa tak terima dan protes dengan pembuatan film tersebut. Ia memposting beberapa kekecewaanya di Instagram Stoy miliknya.

Ini beberapa kalimat kekecewaan yang ia sampaikan:Tjong A Fie (Instagram Story)

"Gila ya Trans7

Ni tv bikin acara tentang keluarga gw, tanpa izin dr keluarga, hebat!"

"Ngambil video dari YouTube bahkan gak syuting di rumah, gak dapet izin tp maksa?"

"17 tahun gw tinggal di sana sampai sekarang gak pernah ada meja gerak, hantu cina, foto gerak, kemasukan, GILA @transtv_corp"

"Woi @trans_corp lo tau ga acara lo melibatkan nama keluarga besar dan kontennya lo giniin, lo gatau nama akung gw dihormati tapi lo giniin, kehabisan konten? Cari creativ baru goblg!"

Ia juga memposting cover film tersebut di Instagramnya:Film Misteri Rumah Tjong A Fie (Instagram)

Netizen pun menyayangkan film tersebut, terutama mereka yang mengetahui cerita aslinya. Begini komentar mereka di Instagram maupun YouTube :

rizkyahmads_: Kok bisa kasih judulh kisah nyata -.-“ duhhhh abis konten

dhitstract: Gaada izin sumber gajelas tapi ngomongnya kisah nyata, sikat terus bang

mohammedfarras: Kukira emang beneran dokumenter mangkanya exited bgt gue mau nnton td eh ternyata……. stelah liat penjelasan dari @riccocheza gak taunya yg @transtv_corp or @officialtrans7 tayangkan merupakan pembodohan publik dan merusak nama baik !! Very2 unrespectable

faisalrazali_: LOL.. aku juga perna k rmh itu.. gk ada yg serem2.. banyak bgt nilai sejarah nya.. memang gini kalo org kehabisan akal.. apapun di buat2 jd gk jelas..

medantalk: beliau adalah tokoh sejarah kota medan. Tidak seperti di film tersebut.



lia_cakrawala: Saya pernah bawa tamu kerumah itu tapi gak ada hantunya dirumah itu banyak nilai sejarahnya..dan beliau sangat di hormati..

Komentar

  1. Salam Hangat, selamat pagi.
    Suka Main Poker Uang Asli Tetapi Kalah Terus?
    Ayo Gabung Bersama Kami Di Wayangpoker
    MENANG maupun KALAH Tetap mendapatkan Bonus Setiap Hari
    Wayangpoker Situs terpercaya yang sudah lama berada diantara kita semua.
    Minimal DEPOSIT CUKUP DENGAN Rp,20.000
    Minimal WITHDRAW CUMA Rp.40.000
    BBM : 2BE326CC
    WWW.WAYANGPOKER.POKER

    http://wayangpoker.com/app/Default0.aspx?lang=id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dapet Driver Ojek Online Mantan Sendiri, Cewek Ini Diajakin Nonton dan Makan, saat Sampai Rumah

Nagita Slavina Kembali Bikin Syok Gara-gara Benda Kecil dengan Harga Jutaan Rupiah Ini, Apa Sih?

10 Fakta Menarik tentang Keadaan Psikologi yang Tidak Pernah Kita Sadari